BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Ilmu nahwu dan berbagai ilmu
agama lainnya berkembang satu demi satu. Ilmu nahwu muncul bermula setelah
bahasa Arab menyebar dan dipraktekkan oleh sebagian besar umat Islam pada zaman
keemasan Islam, baik oleh bangsa Arab asli maupun asli seperti bangsa Irak,
Mesir dan lain-lainnya.
Ilmu nahwu itu sebagian dari
ilmu-ilmu untuk memahami al-Qur’an al-Karim dan as-Sunah Nabawiyah yang
berbahasa Arab. Diantara pembahsan-pembahasan yang ada dalam ilmu nahwu
misalnya ibtida’, badal, ‘athaf dan lain-lain. Dan dalam makalah ini
akan dijelaskan mengenai ibtida’ yang hanya bersumber dari hasil catatan
Bapak Abdurrrahman, Bapak Kasurif, Bapak Naim, Bapak Mukhlisin (PPL) dan kitab Khazanah
Andalus yang sumbernya dari Ibnu ‘Aqil, Al-Khudlori, Al-Makudi, Ibnu
Hamdun juga qadli al-Qudlat dan Mughni al-Labib.
B. Tujuan
Penulisan
1. Untuk
mengetahui pembagian mubtada’ beserta definisinya.
2. Untuk
mengetahui pengertian khabar beserta macam-macam khabar.
3. Untuk
mengetahui macam-macam musawwigh.
4. Untuk
mengetahui tempat-tempat wajib diakhirkannya khabar dari mubtada’.
5. Untuk
mengtahui tempat-tempat wajib dan boleh mendahulukan khabar atas mubtada’.
6. Untuk
mengetahui mubtada’ dan khabar yang boleh dibuang.
7. Untuk
mengetahui wajib membuang khabar dan mubtada’.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pembagian
Mubatada’ Beersta Definisinya
Definisi mubtada’
1. Mubatad’
adalah isim yang dibaca rafa’ yang sunyi dari amil lafdzi yang berada
dipermulaan kalam.[1]
2. Mubtada’
adalah isim sejati (tanpa rekayasa, ta’wil)/lewat ta’wil yang terbebas dari
amil lafdzi yang bukan zaidah.[2]
3. Mubtada’
adalah isim yang sepi dari amil lafdzi selainnya yang zaidah yang diberi
khabar/diberi isim sifat yang merafa’kan pada lafadz yang mencocoki dari
khabar.[3]
Dari definisi di atas dapat
dicontohkan laafdz زَيْدٌ yang terdapat dalam susunan زَيْدٌ قَائِمٌ
Sedangkan amil lafdzi itu ada
2:
1. Sima’i → Seperti fi’il/yang beramal
seperti fa’il (isim fa’il, maf’ul).
Yang merafa’kan mubtada’
adalah amil ma’nawi ibtida’ (amil tidak dapat dilihat).[5]
Macam-macam mubtada’:
a. Menurut
pasangannya
1. مبتدأ له الخبر adalah mubtada’
yang mempunyai khabar.
Contoh: زَيْدٌ قَائِمٌ
2. مبتدأ له الفاعل سد مسد الخبر adalah mubtada’ yang
mempunyai fa’il yang menempati tempatnya khabar yang berupa isim sifat.
Ketentuan-ketentuan membuat مبتدأ له الفاعل سد مسد الخبر
1. Isim
sifatnya didahului istifham baik berupa isim/huruf.
Contoh:هَلْ ضَارِبٌ حَكِيْمٌ
2. Isim
sifatnya didahului nafi
Namun terkadang juga sah membuat مبتدأ له الفاعل سد مسد الخبر tanpa harus isim sifatnya didahului istifham/nafi.
Contoh-contoh
|
Hukum/Tarkib
|
Bentuk-bentuk
|
||
|
اللفظ
الثاني/
مابعدالصفة
|
إسم
صفة
|
اللفظ
الثاني/
مابعدالصفة
|
إسم
صفة
|
مَاقَائِمٌ
مُسْلِمُوْنَ
أَمَضْرُوْبٌ
مُسْلِمُوْنَ
|
فاعل
سدمسد الخبر (واجب)
|
مبتدأ
|
تثنية/جمع
|
مفرد
|
أَقَأئِمَانِ
مُسْلِمَانِ
أَقَائِمُوْنَ
مُسْلِمُوْنَ
|
مبتدأ
مؤخر
|
خبرمقدم
|
تثنية/جمع
|
تثنية/جمع
|
أَرَاغِبٌ
أَنْتَ عَنْ آلِهَتِيْ يَاإِبْرَاهِيْمُ
أَقَائِمٌ
بَكْرٌ
|
فاعل سد
مسد الخبر (لبيه بائيك)
|
مبتدأ
|
مفرد
|
مفرد
|
اَقَائِمٌ
سَالِمٌ
|
مبتدأ
مؤخر
|
خبر مقدم
|
مفرد
|
مفرد
|
b. Menurut
bentuk lafadznya
1. Mubtada’
sharih (tanpa ada ta’wilan) ada 2:
1) Mubtada’
isim dzahir
Contoh: زَيْدٌ قَائِمٌ
2) Mubtada’
dlamir
a. Dlamir
munfashil
Contoh: أَنَا قَائِمٌ
b. Dlamir
muttashil, tapi ini khusus untuk laafdz
لَوْلاَى,
لَوْلاَهُ, لَوْلاَكَ
(sedangkan khabarnya لَوْلاَ itu biasanya diisimpan menaqdirkan
lafadz مَوْجُوْدٌ ).
Contoh: لَوْلاَى قَعَدْتُ
2. Mubtada’
ta’wil
B. Pengertain
Khabar Beserta Macam-macam Khabar
1. Definisi
khabar
Khabar adalah bagiannya kalam
yang menyempurnakan faedahnya mubtada’.[11]
Contoh:مُحَمَّدٌ عَالِمٌ
2. Macam-macam
Khabar
1) Khabra
mufrad adalah khabar yang tidak berupa jumlah (ismiyah/fi’liyah) atau syibhul
jumlah (jer majrur/dlaraf).
Khabar mufarad itu dibagi menjadi 2:
a. Khabar
mufrad jamid yakni khabar yang sepi dari dlamir yang kembali ke mubtada’.[13]
Contoh: زَيْدٌ أَخُوْكَ
b. Khabar
mufrad musytaq yakni khabar yang mempunyai dlamir yang kembali ke
mubtada’.
Contoh: زَيْدٌ قَائِمٌ
Jika dlamir yang dikandung oleh khabar mufrad
musytaq itu tidak rujuk pada mubatada’ yang didampinginya maka dlamir harus
diojadikan dlamir bariz baik ada keserupaan/tidak.[14]
Contoh: serupa زَيْدٌ بَكْرٌ ضَارِبُهُ هُوَ
Tidak serupa مُحَمَّدٌ هِنْدٌ ضَارِبُهَا
هُوَ
2) Khabar
ghairu mufrad
Adalah khabar yang berupa jumlah/syibhul
jumlah.
Contoh: زَيْدٌ أَبُوْهُ قَائِمٌ
Khabar jumlah dibagi menjadi 2:
a. Jumlah
ismiyah yakni jumlah yang terdiri dari mubtada’ dan khabar.
Contoh: زَيْدٌ أَخُوْكَ عَالِمٌ
b. Jumlah
fi’liyah yang terdiir dari fi’il dan fa’il.
Khabar ghairu mufrad yang berupa jumlah
itu harus mengandung yakni dlamir yang
rujuk pada mubtada’.[16]
Contoh: زَيْدٌ أَبُوْهُ قَامَ
Khabar syibhul jumlah
itu juga dibagi menjadi 2:
1) Jer
majrur
Contoh: زَيْدٌ فِي الدَّارِ
2) Dlaraf
Jer majrur dan dlaraf boleh
dijadikan khabar tapi pada hakikatnya yang menjadi khabar adalah lafadz كَائِنٌ / إِسْتَقَرَّ yang harus dibuang. Isim zaman itu tidak
boleh menjadi khabar mubtada’ isim dzat (isim yang menunjukkan dzat)الجُثَّةُ /
Contoh:زَيْدٌ يَوْمٌ
Kecuali jika berfaedah maka
boleh tapi dalam makna saja.
Contoh:الرَطْبُ شَهْرَى رَبِيْعٍ
Tapi kalau isim makan itu
boleh menjadi khabar mubtada’ dari dzat dan makna.[18]
Contoh:زَيْدٌ لَدَيْكَ ذات
الخَبَرُ لَدَيْكَ معنى
C. Macam-macam
Musawwigh
Hukum asal mubtada’ itu harus
berupa isim ma’rifat. Diantaranya:
1. Isim
dlamir
Contoh: أَنَاقَأئِمٌ
2. Isim
alam
Contoh:زَيْدٌ حَسَنٌ
3. Isim
maushul
Contoh:الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ
بِالْغَيْبِ
4. Isim
isyarah
contoh:هَذَا رَجُلٌ
5. Isim
ber al
Contoh:المَرْأَةُ جَمِيْلَةٌ
6. Isim
yang mudlaf pada salah satu ism ma’rifat
Tetapi ada juga mubtada’ yang
berupa isim nakirah apabila ada musawighnya (sesuatu yang
mmeperbolehkan). Adapun macam-macam musawwigh
sebagai berikut:
1)
Mendahulukan
khabar yang kejadian dari dlaraf/jer majrur
Contoh:عَنْدَ زَيْدٍ نَمِيْرَةٌ
فِي
الْحُجْرَةِ أُسْتَاذٌ
2)
Nakirah/mubtada’nya
didahului istifham
Contoh:هَلْ فَتًى فِيْكُمْ
3)
Nakirah/mubtada’nya
didahului nafi
Contoh:مَا خِلٌّ لَنَا
4)
Nakirah/mubtada’nya
disifati
Contoh:رَجُلٌ مِنَ اْلكِرَامِ عِنْدَنَا
5)
Nakirah yang
beramal
Contoh:
رَغْبَةٌ
فِي الْخَيْرِ خَيْرٌ
6)
Ism nakirah yang
dimudlafkan dengan nakirah lain
Dan diqiaskan (dianologikan apa yang tidak
disebutkan).
٧. أَنْ تَكُوْنَ شَرْطًا نحو: مَنْ يَقُمْ أَقُمْ
٨. أَنْ تَكُوْنَ عَامَّةً نحو:
كُلٌّ يَمُوْتُ
٩. أَنْ يُقْصَدَ بِهَا التَّنْوِيْعُ نحو:
فَأَقْبَلَتْ زَحْفًا بَيْنَ الرُّكْبَتَيْنِ #
فَثَوْبٌ
لَبِسْتُ وَثَوْبٌ أَجُرُّ
١٠. أَنْ تَكُوْنَ دُعَاءً نحو: سَلاَمٌ إِلْ يَاسِيْنَ
١١. أَنْ تَكُوْنَ مَعْنَى التَّعَجُّبِ
نحو: مَا أَحْسَنَ زَيْدًا
١٢. أَنْ تَقَعَ بَعْدَ لَوْلاَ نحو: لَوْلاَاصْطِبَارٌ
لَأَوْدَى كُلُّ ذِي مِقَةٍ لَمَّا
مَطَايَاهُنَّ لِلظَّعْنِ
١٣. أَنْ يَدْخُلَ عَلَيْهَا لاَمُ
اْلإِبْتِدَاءِ نحو: لَرَجُلٌ قَائِمٌ[21]
D. Tempat-tempat
Wajib Diakhirkannya Khabar dari Mubtada’
1. Mubatada’
dan khabar sama-sama ma’rifat
Contoh:زَيْدٌ أَخُوْكَ
2. Mubtada’
dan khabar sama-sama nakirah
Contoh:رَجُلٌ صَالِحٌ
Apabila tidak ada qarinah, dan kalau
ternyata ada qarinah maka khabar boleh didahulukan.
Contoh:بَنُوْنَاأَبْنَائِنَا
وَبَنَاتُنَا
3. Khabarnya
berupa fi’il yang mengandung dlamir mustatir
Contoh:زَيْدٌ قَائِمٌ
Tapi ternyata terdapat khabar fi’il dan saat
diposisikan di depan sah dan bahkan tetap sebagai khabar.
Contoh:قَامُوْا زَيْدُوْنَ أصليا
زَيْدُوْنَ قَامُوْا
4. Menjadi
khabarnya mubtada’ yang diringkas
contoh:مَا زَيْدٌ إِلاَّ قَائِمٌ
5. Mubtada’
dimasuki لان الإبتداء
Contoh: لَزَيْدٌ قَائِمٌ
6. Mubtada’
dari kalimat yang harus di depan (كها صدر الكلام)
E. Tempat-tempat
Wajib Mendahulukan Khabar atas Mubtada’
1. Khabar
berupa dlaraf/jer majrur sedangkan mubtada’nya berupa isim nakirah.
Contoh:عِنْدِي دِرْهَمٌ
فِي
الدَّارِ رَجُلٌ
2. Khabarnya
berupa lafadz yang wajib berada dipermulaan kalam seperti istifham dan laafdz
yang didlafahkan istifham.
Contoh:أَيْنَ مَنْ عَلِمْتَهُ
نَصِيْرًا
3. Mubatada’nya
mengandung dlamir yang kembali pada ملابس الخبر (bagian khabar).
Contoh:فِي الدَّارِ صَاحِبُهَا
4. Mubatada’nya
diringkas/ مخصوص dengan lafadz إِنَّمَا / إِلاَّ .
Contoh:مَا لَنَا إِلاَّاتِّبَاعُ
أَحْمَدَ
إِنَّمَا
فِي الدَّارِ زَيْدٌ [23]
Tempat-tempat boleh mendahulukan khabar atas
mubtada’:
a. Ketika
ingin menonjolkan pada arti khabar.
Contoh:مَمْنُوْعُ التَّدْخِيْنُ
b. Ketika
mubtada’ dan khabar didahului nafi atau istifhan dan khabarnya berupa ism ma’rifat.
Contoh:أَقَائِمٌ أَنْتَ
c. Ketika
khabar berupa syibhul jumlah dan mubtada’nya berupa isim ma’rifat.
F. Mubtada’
atau Khabar yang Boleh Dibuang
Mubtada’/khabar itu boleh
dibuang apabila sudah maklum (ketahui) seperti lafadz زَيْدٌ yang
menjadi jawabnya istifham.[25]
مَنْ عِنْدَكَ؟ زَيْدٌ أصليا مَنْ عِنْدَكَ؟ عِنْدِي زَيْدٌ
G. Tempat-tempat
Wajib Membuang Khabar
1. Khabarnya
mubtada’ yang jatuh setelahلولاامتناعية
Contoh:لَوْلاَ زَيْدٌ
لَأَكْرَمْتُكَ أصليا لَوْلاَ زَيْدٌ مَوْجُوْدٌ لَأَكْرَمْتُكَ
2. Mubtada’
yang berupa laafdz yang harus khusus untuk sumpah
Contoh:لَعَمْرُكَ لَأَفْعَلَنَّ
كَذَا أصليا لَعَمْرُكَ قَسَمِي َلأَفَعْلَنَّ كَذَا
3. Khabar
yang jatuh setelah واو معية
Contoh:كُلُّ صَانِعٍ وَمَا صَنَعَ أصليا
كُلُّ صَانِعٍ وَمَا صَنَعَ مُقْتَرَنَانِ
4. Khabar
yang jatuh setelah hal yang maka hal tersebut tidak bisa dijadikan khabar.[26]
Contoh:ضَرْبِي اْلعَبْدَ مُسِيْئًا أصليا ضَرْبِي إِذَا كَانَ مُسِيْئًا
أَتَمُّ
تَبْيِيْنِي الْحَقَّ مَنُوْطًا بِالْحِكَمِ
أصليا أَتَمُّ تَبْيِيْنِي الْحَقَّ إِذَا كَانَ مَنُوْطًا بِالْحِكَمِ
Tempat-tempat yang wajib membuang
mubtada’ seperti yang tertera pada kitab Ibnu ‘Aqil:
a. Na’at
yang putus hubungan dengan man’ut (النعت المقطوع)
Contoh:مَرَرْتُ بِزَيْدٍ الْكَرِيْمُ أصليا
مَرَرْتُ بِزَيْدٍ هُوَ الْكَرِيْمُ
b. Khabar نِعْمَ, بِئْسَ
Contoh: نِعْمَ الرَّجُلُ زَيْدٌ
c. Khabar
berkenaan dengan masalah sumpah
Contoh:فِي ذِمَّتِي َلأَفْعَلَنَّ
كَذَا أصليا فِي ذِمَّتِي لَأَفْعَلَنَّ كَذَا
d. Khabar
dari masdar pengganti fi’il
Contoh:فَصَبْرٌ جَمِيْلٌ أصليا
فَصَبْرِي صَبْرٌ جَمِيْلٌ
Boleh adanya khabar lebih dari satu
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat
diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Mubtada’
adalah isim yang dibaca rafa’ yang sunyi dari amil lafdzi yang berada
dipermulaan kalam.
2. Mubtada’
itu dibagi menjadi 2 menurut pasangnnya yakni:
1) مبتدأ له الخبر
2) مبتدأ له الفاعل سد مسد الخبر
Dan dibagi menjadi 2 menurut lafadznya:
1) Mubtada’
sharih yang terdiri dari isim dlamir
munfashil/muttashil.
2) Mubtada’
ta’wil.
3. Mubtada’
itu harus dari isim ma’rifat, namun ada juga yang berupa isim nakirah, tetapi
harus disertai musawwigh (sesuatu yang memperbolehkan).
4. Khabar
adalah bagiannya kalam yang menyempurnakan faedahnya mubatad’.
5. Khabar
itu dibagi menjadi 2:
1) Mufrad
2) Ghairu
mufrad yang terdiri dari jumlah
(ismiyah/fi’liyah) dan syibhul jumlah (dlaraf/jer majrur).
6. Pada
awalnya khabar itu wajib diakhirkan akan tetapi ada tempat-tempat yangwajib
mendahulukan khabar atas mubtada’ dam ada juga tempat-tempat yang memperbolehkan
untuk mendahulukan khabar atas mubtada’.
7. Mubtada’
atau khabar itu sebenarnya boleh dibuang kalau sudah maklum, tetapi ada juga
mubatda’ atau khabar itu yang wajib dibuang.
8. Boleh
adanya khabar lebih dari satu.
B. Saran
Jika dalam makalah ini
terdapat kesalahan tulisan atau lainnya maka kami atas nama pemakalah mohon
kritik dan saran yang membangun bagi pemakalah agar nantinya bisa menjadi lebih
baik.
DAFTAR
PUSTAKA
Waif, M.
dkk. 2003. Khazanah Andalus. Yogyakarta: Titian Ilahi Press
Nikmat,
Fuad. Mulakhos Qawaidul Lughatil ‘Arabiyah: Darul Hikmat
Malik,
Ibnu. 2008. Alfiyah Ibnu Malik. Terjemahan oleh Bapak Abdurrahman.
Banjaranyar: Madrasah Mu’alimin Mu’allimat
Catatan
Ilmu Nahwu
yang Diajar oleh Bapak Kasurif (kelas 3)
Catatan
Ilmu Nahwu
yang Diajar oleh Bapak Na’im (kelas 2)
Catatan
Ilmu Nahwu
yang Diajar oleh Bapak Mukhlisin, kelas 5 (PPL)
[1] Lihat catatannya Bapak Mukhlisin (PPL) dalam Bab Mubtada’
[2] M. Wafi dan A. BAhauddin, Khazanah
Andalus (Yogyakarta : Titian Ilahi Press,
2003), 75
[3] Lihat catatatnnya Bapak Kasurif dalam Bab Ibtida’, Ilmun Nahwi,
hal. 12
[4] Lihat catatannya Bapak Mukhlisin (PPL) dalam Bab Mubtada’
[5] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah
Ibnu Malik
[6] Lihat catatannya Bapak Naim dalam Bab Mubtada’
[7] Lihat catatatnnya Bapak Kasurif dalam Bab Ibtida’, Ilmun Nahwi,
hal. 12
[8] M. Wafi dan A. BAhauddin, Khazanah
Andalus (Yogyakarta : Titian Ilahi Press,
2003), 76
[9] Lihat catatannya Bapak Mukhlisin (PPL) dalam Bab Mubtada’
[10] Ibid.
[11] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah
Ibnu Malik
[12] Lihat catatannya Bapak Naim dalam Bab Mubtada’
[13] M. Wafi dan A. BAhauddin, Khazanah
Andalus (Yogyakarta : Titian Ilahi Press,
2003), 78
[14] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah
Ibnu Malik
[15] Lihat catatannya Bapak Naim dalam Bab Mubtada’
[16] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah Ibnu
Malik
[17] M. Wafi dan A. BAhauddin, Khazanah
Andalus (Yogyakarta : Titian Ilahi Press,
2003), 78
[18] Ibid., 79
[19] Lihat catatatnnya Bapak Kasurif dalam Bab Ibtida’, Ilmun Nahwi,
hal. 13
[20] M. Wafi dan A. BAhauddin, Khazanah
Andalus (Yogyakarta : Titian Ilahi Press,
2003), 80
[21] Ibid., 80-81
[22] Ibid., 81-82
[23] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah
Ibnu Malik
[24] Fuadun NIkmat, Mulakhas Qowaidul Lughatil Bab ‘Arabiyah
(Darul Hikmat, Cetakan ke-9),33
[25] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah
Ibnu Malik
[26] Ibid., 84
[27] Ibid., 85
[28] Fuadun Nikmat, Mulakhas Qowaidul Lughatil Bab ‘Arabiyah
(Darul Hikmat, Cetakan ke-9),34
No comments:
Post a Comment