Sunday, October 15, 2017

makalah Ibtidak

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Ilmu nahwu dan berbagai ilmu agama lainnya berkembang satu demi satu. Ilmu nahwu muncul bermula setelah bahasa Arab menyebar dan dipraktekkan oleh sebagian besar umat Islam pada zaman keemasan Islam, baik oleh bangsa Arab asli maupun asli seperti bangsa Irak, Mesir dan lain-lainnya.
Ilmu nahwu itu sebagian dari ilmu-ilmu untuk memahami al-Qur’an al-Karim dan as-Sunah Nabawiyah yang berbahasa Arab. Diantara pembahsan-pembahasan yang ada dalam ilmu nahwu misalnya ibtida’, badal, ‘athaf dan lain-lain. Dan dalam makalah ini akan dijelaskan mengenai ibtida’ yang hanya bersumber dari hasil catatan Bapak Abdurrrahman, Bapak Kasurif, Bapak Naim, Bapak Mukhlisin (PPL) dan kitab Khazanah Andalus yang sumbernya dari Ibnu ‘Aqil, Al-Khudlori, Al-Makudi, Ibnu Hamdun juga qadli al-Qudlat dan Mughni al-Labib.

B.   Tujuan Penulisan
1.   Untuk mengetahui pembagian mubtada’ beserta definisinya.
2.   Untuk mengetahui pengertian khabar beserta macam-macam khabar.
3.   Untuk mengetahui macam-macam musawwigh.
4.   Untuk mengetahui tempat-tempat wajib diakhirkannya khabar dari mubtada’.
5.   Untuk mengtahui tempat-tempat wajib dan boleh mendahulukan khabar atas mubtada’.
6.   Untuk mengetahui mubtada’ dan khabar yang boleh dibuang.
7.   Untuk mengetahui wajib membuang khabar dan mubtada’.



BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pembagian Mubatada’ Beersta Definisinya
Definisi mubtada’
1.   Mubatad’ adalah isim yang dibaca rafa’ yang sunyi dari amil lafdzi yang berada dipermulaan kalam.[1]
2.   Mubtada’ adalah isim sejati (tanpa rekayasa, ta’wil)/lewat ta’wil yang terbebas dari amil lafdzi yang bukan zaidah.[2]
3.   Mubtada’ adalah isim yang sepi dari amil lafdzi selainnya yang zaidah yang diberi khabar/diberi isim sifat yang merafa’kan pada lafadz yang mencocoki dari khabar.[3]
Dari definisi di atas dapat dicontohkan laafdz   زَيْدٌ   yang terdapat dalam susunan  زَيْدٌ قَائِمٌ  
Sedangkan amil lafdzi itu ada 2:
1.   Sima’i      → Seperti fi’il/yang beramal seperti fa’il (isim fa’il, maf’ul).
2.   Qiyasi         → Seperti huruf (كَانَ, إِنَّ, ظَنَّ, وَإَخْوَاتُهَا).[4]
Yang merafa’kan mubtada’ adalah amil ma’nawi ibtida’ (amil tidak dapat dilihat).[5]

Macam-macam mubtada’:
a.    Menurut pasangannya
1.       مبتدأ له الخبر         adalah mubtada’ yang mempunyai khabar.
Contoh: زَيْدٌ قَائِمٌ  
2.       مبتدأ له الفاعل سد مسد الخبر     adalah mubtada’ yang mempunyai fa’il yang menempati tempatnya khabar yang berupa isim sifat.
Contoh: أَ قَائِمٌ زَيْدٌ  [6] 
Ketentuan-ketentuan membuat  مبتدأ له الفاعل سد مسد الخبر            
1.   Isim sifatnya didahului istifham baik berupa isim/huruf.
Contoh:هَلْ ضَارِبٌ حَكِيْمٌ 
2.   Isim sifatnya didahului nafi
Contoh:مَا عَالِمٌ بَكْرٌ  [7]
Namun  terkadang juga sah membuat  مبتدأ له الفاعل سد مسد الخبر        tanpa harus isim sifatnya didahului istifham/nafi.
Contoh:فَائِزٌ أُوْلُوْا الرَّشَدِ  [8]
Bentuk:  مبتدأ له الفاعل سد مسد الخبر [9]   
Contoh-contoh
Hukum/Tarkib
Bentuk-bentuk

اللفظ الثاني/
مابعدالصفة
إسم صفة
اللفظ الثاني/
مابعدالصفة
إسم صفة
مَاقَائِمٌ مُسْلِمُوْنَ
أَمَضْرُوْبٌ مُسْلِمُوْنَ
فاعل سدمسد الخبر (واجب)
مبتدأ
تثنية/جمع
مفرد
أَقَأئِمَانِ مُسْلِمَانِ
أَقَائِمُوْنَ مُسْلِمُوْنَ
مبتدأ مؤخر
خبرمقدم
تثنية/جمع
تثنية/جمع
أَرَاغِبٌ أَنْتَ عَنْ آلِهَتِيْ يَاإِبْرَاهِيْمُ
أَقَائِمٌ بَكْرٌ
فاعل سد مسد الخبر (لبيه بائيك)
مبتدأ
مفرد
مفرد
اَقَائِمٌ سَالِمٌ
مبتدأ مؤخر
خبر مقدم
مفرد
مفرد

b.   Menurut bentuk lafadznya
1.       Mubtada’ sharih (tanpa ada ta’wilan) ada 2:
1)  Mubtada’ isim dzahir
Contoh: زَيْدٌ قَائِمٌ  
2)  Mubtada’ dlamir
a.    Dlamir munfashil
Contoh: أَنَا قَائِمٌ  
b.   Dlamir muttashil, tapi ini khusus untuk laafdz    لَوْلاَى, لَوْلاَهُ, لَوْلاَكَ   (sedangkan khabarnya  لَوْلاَ  itu biasanya diisimpan menaqdirkan lafadz   مَوْجُوْدٌ   ).
Contoh: لَوْلاَى قَعَدْتُ
2.       Mubtada’ ta’wil
Contoh:  [10]أَنْ تَتَّخِذُوْا أَوْلاَدَكُمْ خَيْرٌ  (إِتِّخَاذُكُمْ)

B.   Pengertain Khabar Beserta Macam-macam Khabar
1.   Definisi khabar
Khabar adalah bagiannya kalam yang menyempurnakan faedahnya mubtada’.[11]
     Contoh:مُحَمَّدٌ عَالِمٌ 
2.   Macam-macam Khabar
1)  Khabra mufrad adalah khabar yang tidak berupa jumlah (ismiyah/fi’liyah) atau syibhul jumlah (jer majrur/dlaraf).
Contoh:زَيْدٌ قَائِمٌ  [12]
Khabar mufarad itu dibagi menjadi 2:
a.    Khabar mufrad jamid yakni khabar yang sepi dari dlamir yang kembali ke mubtada’.[13]
Contoh: زَيْدٌ أَخُوْكَ 
b.   Khabar mufrad musytaq yakni khabar yang mempunyai dlamir yang kembali ke mubtada’.
Contoh: زَيْدٌ قَائِمٌ 
Jika dlamir yang dikandung oleh khabar mufrad musytaq itu tidak rujuk pada mubatada’ yang didampinginya maka dlamir harus diojadikan dlamir bariz baik ada keserupaan/tidak.[14]
Contoh:          serupa  زَيْدٌ بَكْرٌ ضَارِبُهُ هُوَ      
                       Tidak serupa مُحَمَّدٌ هِنْدٌ ضَارِبُهَا هُوَ     
2)  Khabar ghairu mufrad
Adalah khabar yang berupa jumlah/syibhul jumlah.
Contoh: زَيْدٌ أَبُوْهُ قَائِمٌ 
Khabar jumlah dibagi menjadi 2:
a.    Jumlah ismiyah yakni jumlah yang terdiri dari mubtada’ dan khabar.
Contoh: زَيْدٌ أَخُوْكَ عَالِمٌ 
b.   Jumlah fi’liyah yang terdiir dari fi’il dan fa’il.
Contoh:زَيْدٌ قَامَ أَبُوْهُ  [15]
Khabar ghairu mufrad yang berupa jumlah itu harus mengandung  yakni dlamir yang rujuk pada mubtada’.[16]
Contoh: زَيْدٌ أَبُوْهُ قَامَ 
Khabar syibhul jumlah itu juga dibagi menjadi 2:
1)  Jer majrur
Contoh: زَيْدٌ فِي الدَّارِ 
2)  Dlaraf
Contoh:[17] زَيْدٌ عِنْدَكَ  
Jer majrur dan dlaraf boleh dijadikan khabar tapi pada hakikatnya yang menjadi khabar adalah lafadz   كَائِنٌ  /   إِسْتَقَرَّ  yang harus dibuang. Isim zaman itu tidak boleh menjadi khabar mubtada’ isim dzat (isim yang menunjukkan dzat)الجُثَّةُ /  
Contoh:زَيْدٌ يَوْمٌ 
Kecuali jika berfaedah maka boleh tapi dalam makna saja.
Contoh:الرَطْبُ شَهْرَى رَبِيْعٍ 
Tapi kalau isim makan itu boleh menjadi khabar mubtada’ dari dzat dan makna.[18]
Contoh:زَيْدٌ لَدَيْكَ         ذات 
الخَبَرُ لَدَيْكَ          معنى        
C.   Macam-macam Musawwigh
Hukum asal mubtada’ itu harus berupa isim ma’rifat. Diantaranya:
1.   Isim dlamir
Contoh: أَنَاقَأئِمٌ 
2.   Isim alam
Contoh:زَيْدٌ حَسَنٌ 
3.   Isim maushul
Contoh:الَّذِيْنَ يُؤْمِنُوْنَ بِالْغَيْبِ  
4.   Isim isyarah
contoh:هَذَا رَجُلٌ 
5.   Isim ber al
Contoh:المَرْأَةُ جَمِيْلَةٌ 
6.   Isim yang mudlaf pada salah satu ism ma’rifat
Contoh:غُلاَمُ زَيْدٍ جَمِيْلٌ  [19]
Tetapi ada juga mubtada’ yang berupa isim nakirah apabila ada musawighnya (sesuatu yang mmeperbolehkan). Adapun macam-macam musawwigh sebagai berikut:
1)   Mendahulukan khabar yang kejadian dari dlaraf/jer majrur
Contoh:عَنْدَ زَيْدٍ نَمِيْرَةٌ 
فِي الْحُجْرَةِ أُسْتَاذٌ        
2)   Nakirah/mubtada’nya didahului istifham
Contoh:هَلْ فَتًى فِيْكُمْ 
3)   Nakirah/mubtada’nya didahului nafi
Contoh:مَا خِلٌّ لَنَا  
4)   Nakirah/mubtada’nya disifati
Contoh:رَجُلٌ مِنَ اْلكِرَامِ عِنْدَنَا
5)   Nakirah yang beramal
Contoh:     رَغْبَةٌ فِي الْخَيْرِ خَيْرٌ
6)   Ism nakirah yang dimudlafkan dengan nakirah lain
Contoh: [20]عَمَلُ بِرٍّ يَزِيْنُ   
Dan diqiaskan (dianologikan apa yang tidak disebutkan).
٧. أَنْ تَكُوْنَ شَرْطًا                             نحو: مَنْ يَقُمْ أَقُمْ
٨. أَنْ تَكُوْنَ عَامَّةً                    نحو: كُلٌّ يَمُوْتُ
٩. أَنْ يُقْصَدَ بِهَا التَّنْوِيْعُ               نحو: فَأَقْبَلَتْ زَحْفًا بَيْنَ الرُّكْبَتَيْنِ  #
      فَثَوْبٌ لَبِسْتُ وَثَوْبٌ أَجُرُّ
١٠. أَنْ تَكُوْنَ دُعَاءً                             نحو: سَلاَمٌ إِلْ يَاسِيْنَ
١١. أَنْ تَكُوْنَ مَعْنَى التَّعَجُّبِ         نحو: مَا أَحْسَنَ زَيْدًا
١٢. أَنْ تَقَعَ بَعْدَ لَوْلاَ                           نحو: لَوْلاَاصْطِبَارٌ لَأَوْدَى كُلُّ ذِي مِقَةٍ لَمَّا
     مَطَايَاهُنَّ لِلظَّعْنِ
١٣. أَنْ يَدْخُلَ عَلَيْهَا لاَمُ اْلإِبْتِدَاءِ  نحو: لَرَجُلٌ قَائِمٌ[21]

D.  Tempat-tempat Wajib Diakhirkannya Khabar dari Mubtada’
1.   Mubatada’ dan khabar sama-sama ma’rifat
Contoh:زَيْدٌ أَخُوْكَ  
2.   Mubtada’ dan khabar sama-sama nakirah
Contoh:رَجُلٌ صَالِحٌ  
Apabila tidak ada qarinah, dan kalau ternyata ada qarinah maka khabar boleh didahulukan.
Contoh:بَنُوْنَاأَبْنَائِنَا وَبَنَاتُنَا  
3.   Khabarnya berupa fi’il yang mengandung dlamir mustatir
Contoh:زَيْدٌ قَائِمٌ  
Tapi ternyata terdapat khabar fi’il dan saat diposisikan di depan sah dan bahkan tetap sebagai khabar.
Contoh:قَامُوْا زَيْدُوْنَ  أصليا   زَيْدُوْنَ قَامُوْا  
4.   Menjadi khabarnya mubtada’ yang diringkas
contoh:مَا زَيْدٌ إِلاَّ قَائِمٌ  
5.   Mubtada’ dimasuki   لان الإبتداء
Contoh: لَزَيْدٌ قَائِمٌ  
6.   Mubtada’ dari kalimat yang harus di depan (كها صدر الكلام)
Contoh:مَنْ لِي مُنْجِدًا    [22]

E.   Tempat-tempat Wajib Mendahulukan Khabar atas Mubtada’
1.   Khabar berupa dlaraf/jer majrur sedangkan mubtada’nya berupa isim nakirah.
Contoh:عِنْدِي دِرْهَمٌ
فِي الدَّارِ رَجُلٌ       
2.   Khabarnya berupa lafadz yang wajib berada dipermulaan kalam seperti istifham dan laafdz yang didlafahkan istifham.
Contoh:أَيْنَ مَنْ عَلِمْتَهُ نَصِيْرًا  
3.   Mubatada’nya mengandung dlamir yang kembali pada   ملابس الخبر     (bagian khabar).
Contoh:فِي الدَّارِ صَاحِبُهَا  
4.   Mubatada’nya diringkas/  مخصوص   dengan lafadz   إِنَّمَا    /  إِلاَّ    .
Contoh:مَا لَنَا إِلاَّاتِّبَاعُ أَحْمَدَ
إِنَّمَا فِي الدَّارِ زَيْدٌ          [23]
Tempat-tempat boleh mendahulukan khabar atas mubtada’:
a.    Ketika ingin menonjolkan pada arti khabar.
Contoh:مَمْنُوْعُ التَّدْخِيْنُ  
b.   Ketika mubtada’ dan khabar didahului nafi atau istifhan dan khabarnya berupa ism ma’rifat.
Contoh:أَقَائِمٌ أَنْتَ 
c.    Ketika khabar berupa syibhul jumlah dan mubtada’nya berupa isim ma’rifat.
Contoh:فِي التَّأَنِّي السَّلاَمَةُ   [24]

F.   Mubtada’ atau Khabar yang Boleh Dibuang
Mubtada’/khabar itu boleh dibuang apabila sudah maklum (ketahui) seperti lafadz   زَيْدٌ   yang  menjadi jawabnya istifham.[25]
مَنْ عِنْدَكَ؟ زَيْدٌ أصليا  مَنْ عِنْدَكَ؟ عِنْدِي زَيْدٌ

G.  Tempat-tempat Wajib Membuang Khabar
1.   Khabarnya mubtada’ yang jatuh setelahلولاامتناعية 
Contoh:لَوْلاَ زَيْدٌ لَأَكْرَمْتُكَ  أصليا  لَوْلاَ زَيْدٌ مَوْجُوْدٌ لَأَكْرَمْتُكَ 
2.   Mubtada’ yang berupa laafdz yang harus khusus untuk sumpah
Contoh:لَعَمْرُكَ لَأَفْعَلَنَّ كَذَا   أصليا   لَعَمْرُكَ قَسَمِي َلأَفَعْلَنَّ كَذَا  
3.   Khabar yang jatuh setelah   واو معية
Contoh:كُلُّ صَانِعٍ وَمَا صَنَعَ  أصليا  كُلُّ  صَانِعٍ وَمَا صَنَعَ مُقْتَرَنَانِ  
4.   Khabar yang jatuh setelah hal yang maka hal tersebut tidak bisa dijadikan khabar.[26]
Contoh:ضَرْبِي اْلعَبْدَ مُسِيْئًا   أصليا ضَرْبِي إِذَا كَانَ مُسِيْئًا 
أَتَمُّ تَبْيِيْنِي الْحَقَّ مَنُوْطًا بِالْحِكَمِ  أصليا أَتَمُّ تَبْيِيْنِي الْحَقَّ إِذَا كَانَ مَنُوْطًا بِالْحِكَمِ 
Tempat-tempat yang wajib membuang mubtada’ seperti yang tertera pada kitab Ibnu ‘Aqil:
a.    Na’at yang putus hubungan dengan man’ut (النعت المقطوع)
Contoh:مَرَرْتُ بِزَيْدٍ الْكَرِيْمُ  أصليا  مَرَرْتُ بِزَيْدٍ هُوَ الْكَرِيْمُ  
b.   Khabar    نِعْمَ, بِئْسَ 
Contoh: نِعْمَ الرَّجُلُ زَيْدٌ  
c.    Khabar berkenaan dengan masalah sumpah
Contoh:فِي ذِمَّتِي َلأَفْعَلَنَّ كَذَا  أصليا  فِي ذِمَّتِي لَأَفْعَلَنَّ كَذَا  
d.   Khabar dari masdar pengganti fi’il
Contoh:فَصَبْرٌ جَمِيْلٌ   أصليا   فَصَبْرِي صَبْرٌ جَمِيْلٌ 
Dikatakan masdar pengganti fi’il, karena rangakaian ini mulanya  إِصْبِرْ صَبْرًا  [27]
Boleh adanya khabar lebih dari satu
Contoh:الرُّمَانُ حَائِضٌ حُلْوٌ لَذَّةٌ   [28]



BAB III
PENUTUP

A.  Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.   Mubtada’ adalah isim yang dibaca rafa’ yang sunyi dari amil lafdzi yang berada dipermulaan kalam.
2.   Mubtada’ itu dibagi menjadi 2 menurut pasangnnya yakni:
1)     مبتدأ له الخبر
2)       مبتدأ له الفاعل سد مسد الخبر
Dan dibagi menjadi 2 menurut lafadznya:
1)  Mubtada’ sharih yang terdiri dari isim dlamir munfashil/muttashil.
2)  Mubtada’ ta’wil.
3.   Mubtada’ itu harus dari isim ma’rifat, namun ada juga yang berupa isim nakirah, tetapi harus disertai musawwigh (sesuatu yang memperbolehkan).
4.   Khabar adalah bagiannya kalam yang menyempurnakan faedahnya mubatad’.
5.   Khabar itu dibagi menjadi 2:
1)  Mufrad
2)  Ghairu mufrad yang terdiri dari jumlah (ismiyah/fi’liyah) dan syibhul jumlah (dlaraf/jer majrur).
6.   Pada awalnya khabar itu wajib diakhirkan akan tetapi ada tempat-tempat yangwajib mendahulukan khabar atas mubtada’ dam ada juga tempat-tempat yang memperbolehkan untuk mendahulukan khabar atas mubtada’.
7.   Mubtada’ atau khabar itu sebenarnya boleh dibuang kalau sudah maklum, tetapi ada juga mubatda’ atau khabar itu yang wajib dibuang.
8.   Boleh adanya khabar lebih dari satu.
B.   Saran
Jika dalam makalah ini terdapat kesalahan tulisan atau lainnya maka kami atas nama pemakalah mohon kritik dan saran yang membangun bagi pemakalah agar nantinya bisa menjadi lebih baik.











DAFTAR PUSTAKA

Waif, M. dkk. 2003. Khazanah Andalus. Yogyakarta: Titian Ilahi Press

Nikmat, Fuad. Mulakhos Qawaidul Lughatil ‘Arabiyah: Darul Hikmat

Malik, Ibnu. 2008. Alfiyah Ibnu Malik. Terjemahan oleh Bapak Abdurrahman. Banjaranyar: Madrasah Mu’alimin Mu’allimat

Catatan Ilmu Nahwu yang Diajar oleh Bapak Kasurif (kelas 3)

Catatan Ilmu Nahwu yang Diajar oleh Bapak Na’im (kelas 2)

Catatan Ilmu Nahwu yang Diajar oleh Bapak Mukhlisin, kelas 5 (PPL)



[1] Lihat catatannya Bapak Mukhlisin (PPL) dalam Bab Mubtada’

[2] M. Wafi dan  A. BAhauddin, Khazanah Andalus (Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 2003), 75

[3] Lihat catatatnnya Bapak Kasurif dalam Bab Ibtida’, Ilmun Nahwi, hal. 12

[4] Lihat catatannya Bapak Mukhlisin (PPL) dalam Bab Mubtada’

[5] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah Ibnu Malik
[6] Lihat catatannya Bapak Naim dalam Bab Mubtada’

[7] Lihat catatatnnya Bapak Kasurif dalam Bab Ibtida’, Ilmun Nahwi, hal. 12

[8] M. Wafi dan  A. BAhauddin, Khazanah Andalus (Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 2003), 76

[9] Lihat catatannya Bapak Mukhlisin (PPL) dalam Bab Mubtada’
[10] Ibid.

[11] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah Ibnu Malik

[12] Lihat catatannya Bapak Naim dalam Bab Mubtada’
[13] M. Wafi dan  A. BAhauddin, Khazanah Andalus (Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 2003), 78

[14] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah Ibnu Malik

[15] Lihat catatannya Bapak Naim dalam Bab Mubtada’

[16] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah Ibnu Malik

[17] M. Wafi dan  A. BAhauddin, Khazanah Andalus (Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 2003), 78

[18] Ibid., 79
[19] Lihat catatatnnya Bapak Kasurif dalam Bab Ibtida’, Ilmun Nahwi, hal. 13

[20] M. Wafi dan  A. BAhauddin, Khazanah Andalus (Yogyakarta: Titian Ilahi Press, 2003), 80
[21] Ibid., 80-81
[22] Ibid., 81-82
[23] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah Ibnu Malik

[24] Fuadun NIkmat, Mulakhas Qowaidul Lughatil Bab ‘Arabiyah (Darul Hikmat, Cetakan ke-9),33
[25] Lihat catatannya Bapak Abdurrahman dalam Bab Mubtada’, Alfiyah Ibnu Malik

[26] Ibid., 84
[27] Ibid., 85

[28] Fuadun Nikmat, Mulakhas Qowaidul Lughatil Bab ‘Arabiyah (Darul Hikmat, Cetakan ke-9),34

No comments:

Post a Comment